Social Icons

Pages

Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah komputer-komputer yang dihubungkan antara satu komputer dengan komputer lainnya. Konsep dasar jaringan internet dan intranet dimulai dari Adidas Network. Adidas Network merupakan “jaringan” untuk mengalirkan data dan informasi baik berupa hasil cetak maupun file yang dilakukan oleh kurir. Jaringan komputer berfungsi untuk melakukan pertukaran data, melakukan komunikasi, ataupun memanfaatkan computing power dari server. Dalam jaringan komputer, ada yang dinamakan jaringan terdistribusi dan jaringan tersentralisasi.

Topologi jaringan adalah, hal yang menjelaskan hubungan geometris antara unsur-unsur dasar penyusun jaringan, yaitu node, link, dan station. Topologi jaringan dapat dibagi menjadi 6 kategori utama seperti di bawah ini.
  • Topologi bintang
  • Topologi cincin
  • Topologi bus
  • Topologi pohon
  • Topologi linier
Setiap jenis topologi di atas masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Pemilihan topologi jaringan didasarkan pada skala jaringan, biaya, tujuan, dan pengguna. Topologi-topologi ini sering kita temui di kehidupan sehari-hari, namun kita tak menyadarinya. Topologi pertama yang digunakan adalah topologi bus. Semua Topologi memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Coba klik di Topologi di atas.


Sumber :
http://www.gaptek.info/pengertian-jaringan-komputer.html,
http://id.wikipedia.org/wiki/Topologi_jaringan